Literasi Dan Inklusi Pemasaran Daring Usaha Mikro Batik Kalimasada Dan Topeng Nyono

Malik Cahyadin, S.E., M.Si., Ph.D.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNS, PSP-KUMKM LPPM UNS

Raden Kunto Adi, S.P., M.P.

Rendi Fathoni Hadi, S.Pt., M.Sc.

Nuning Setyowati, S.P., M.Sc.

Fakultas Pertanian UNS, PSP-KUMKM LPPM UNS

      Beberapa dosen yang tergabung kedalam riset grup PSP-KUMKM LPPM telah mengadakan pelatihan dan pendampingan branding dan pemasaran daring. Kegiatan ini merupakan kegiatan pengabdian masyarakat yang diperlukan oleh para mitra. Mitra kegiatan ini adalah Batik Kalimasada dan Topeng Nyono yang berlokasi di Desa Joho, Kecamatan Purwantoro, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk pelaksanaan kontrak hibah P2M LPPM UNS pada tahun 2024.

      Kegiatan pengabdian masyarakat yang telah dilaksanakan menekankan literasi dan inklusi pemasaran daring produk batik dan topeng kayu. Kegiatan ini juga menjadi luaran kinerja PSP-KUMKM LPPM UNS (https://psp-kumkm.lppm.uns.ac.id). Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) arti literasi adalah “kemampuan menulis dan membaca atau “kemampuan individu dalam mengolah informasi dan pengetahuan untuk kecakapan hidup”. Sementara itu, KBBI mendeskripsikan inklusi sebagai “keadaan terkepung atau dikelilingi oleh suatu zat atau “ketercakupan”. Oleh sebab itu, kegiatan pelatihan dan pengabdian dengan penekanan literasi dan inklusi pemasaran daring ditujukan untuk meningkatkan kemampuan mitra usaha dalam memahami dan memanfaatkan media-media pemasaran daring dan meningkatkan kemampuan branding produk batik dan topeng kayu. Kegiatan ini juga mendorong para mitra usaha untuk mempraktikkan pemasaran daring melalui beberapa media sosial yang telah dibuat.

      Gambar 1 mendeskripsikan tim pengabdian masyarakat sedang melakukan pengecekan terhadap media-media pemasaran daring yang telah dimiliki oleh para mitra usaha. Beberapa media sosial yang telah dimiliki oleh usaha Batik Kalimasada dapat diakses melalui laman https://linktr.ee/batikkalimasada yang terdiri atas whatsapp, tiktok (https://www.tiktok.com/@batik.kalimasada), youtube (https://www.youtube.com/@BATIKKALIMASADA), dan instagram (https://www.instagram.com/@batik.kalimasada). Sementara itu, beberapa media sosial yang telah dimiliki oleh usaha Topeng Nyono adalah youtube (https://youtube.com/@TopengPakNyono?si=jbeK60-SCFFoxuLM), instagram (https://www.instagram.com/topengpaknyono?igsh=MWt4bmprc3BnMnR1MA==) dan twitter atau X (https://x.com/topengpaknyono?t=yD9ifmW0lK_zV8BQKS8dMQ&s=09).

Gambar 1. Tim Pengabdian Masyarakat Mengecek Media Pemasaran Daring Mitra Usaha

Gambar 2. Pelatihan dan Pendampingan Pemasaran Daring Mitra Topeng Nyono

      Gambar 2 menjelaskan kegiatan pelatihan dan pendampingan pemasaran daring pada usaha Topeng Nyono. Kegiatan ini dilakukan pada hari Senin tanggal 1 April 2024. Orientasi kegiatan ini adalah mitra usaha mempunyai pemahaman dan keterampilan praktis untuk menggunakan media pemasaran daring untuk memasarkan produk-produk topeng kayu. Kegiatan pemasaran daring pada mitra usaha ini dilakukan lebih awal karena usaha topeng kayu lebih banyak berperan sebagai produsen untuk kebutuhan pedagang besar di wilayah Jawa Timur. Oleh sebab itu, mitra usaha ini perlu mendapat dukungan untuk mengembangkan usaha lebih baik dan lebih maju dibandingkan kondisi saat ini.

Gambar 3. Pelatihan dan Pendampingan Pemasaran Daring Mitra Batik Kalimasada

      Gambar 3 menunjukkan kegiatan pelatihan dan pendampingan pemasaran daring pada usaha Batik Kalimasada. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Senin tanggal 20 Mei 2024. Mitra usaha ini dikelola oleh generasi milenial yang mempunyai semangat melestarikan dan mengembangkan produk khas Wonogiri dalam bentuk batik. Selain itu, mereka juga mempunyai perhatian lebih untuk mengangkat perekonomian masyarakat desa. Pada saat ini, usaha Batik Kalimasada sudah mampu memenuhi permintaan beberapa pembeli dan pedagang bagi di wilayah Jawa dan beberapa wisatawan asing. Urgensi pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan praktik pemasaran daring yang telah dilakukan.

      Kegiatan pengabdian masyarakat ini termasuk kedalam kategori Sustainable Development Goals (SDGs) 9 yaitu industri, inovasi dan infrastruktur. Batik Kalimasada dan Topeng Kayu Nyono merupakan usaha inovatif yang ramah lingkungan. Oleh sebab itu, kedua usaha ini menjadi bagian dari industri dan proses inovasi bisnis berkelanjutan.

Beberapa tanggapan mitra usaha atas pelaksanaan kegiatan pelatihan dan pendampingan pemasaran daring adalah:

  1. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang dibutuhkan untuk meningkatkan literasi dan inklusi mitra usaha dalam pemasaran daring.
  2. Kegiatan ini berdampak langsung terhadap peningkatan praktik pemasaran daring.
  3. Kegiatan ini akan dipraktikkan oleh para mitra untuk meningkatkan luasan pasar dan penjualan.

Keep in touch


Gedung LPPM UNS


Jl. Ir. Sutami 36 A. Surakarta, 57126


No telp : 0271 632916


fax : 0271 632368


Email : pspkumkm@unit.uns.ac.id