Perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah  (UMKM) merupakan salah satu motor penggerak yang krusial bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia.  Pemberdayaan UMKM telah dilakukan baik dengan fasilitasi Pemerintah,  Perguruan Tinggi dan Perusahaan-perusahaan melalui program CSR / PKBL  maupun berbagai pihak telah berusaha agar UMKM tetap eksis.  Fasilitasi yang dilakukan melalui beragam kegiatan baik kajian dan atau pendampingan yang berdampak pada kemajuan dan tumbuh kembangnya kemandirian UMKM.

Melihat peran penting lembaga-lembaga pemberdaya tersebut  Universitas Sebelas Maret melalui Pusat Studi Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (PSP-KUMKM) LPPM UNS, mulai tahun 2012 telah mengadakan UNS SME’s SUMMIT & AWARDS. Pada tahun 2014 kegiatan 3rd UNS SME’s SUMMIT & AWARDS kembali dilaksanakan, dimana salah satu kegiatan yang dilaksanakan adalah Seminar Nasional, yang bertema “Eksistensi UMKM dalam Menyongsong Era Asia“.

Kegiatan Seminar Nasional ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendesiminasikan hasil kajian, pengetahuan maupun pengalaman pemberdayaan UMKM baik dalam aspek sosial ekonomi maupun teknologi dari pemangku kebijakan, peneliti dan pengabdi maupun praktisi untuk direkomendasikan  sebagai arahan dan strategi pemberdayaan UMKM, dan membangun kerjasama para pemangku kepentingan (lembaga pemerintah, Perguruan Tinggi, dunia usaha, dan LSM) dalam pemberdayaan UMKM.

Adapun artikel-artikel yang sudah dipresentasikan pada Seminar Nasional tersebut, diterbitkan dalam Prosiding Seminar Nasional. Semoga Prosiding Seminar Nasional yang telah disusun ini dapat bermanfaat sebagai bahan rekomendasi dalam pengembangan KUMKM kepada pemangku kepentingan, baik Pemerintah Daerah, BUMN/Swasta maupun pihak-pihak terkait lain. Terakhir kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para peserta Seminar Nasional Pengembangan UMKM, yang telah memberikan kontribusi dalam Seminar Nasional tersebut. Kami berharap Prosiding Seminar Nasional Pengembangan UMKM ini dapat bermanfaat bagi semua pihak, terutama pihak-pihak yang selama ini berperan aktif dalam pengembangan UMKM. Terima kasih.

Berikut Artikel SEMNAS :

1.upaya-pengembangan-diversifikasi-pangan-lokal

2.umkm-produk-gorengan-sebagai-produk-utama

3.studi-tentang-model-komunikasi-pemasaran

4.strategi-produk-e2809cciue2809d-untuk-memenangi-persaingan

5.strategi-pengembangan-ukm-atau-sentra-industri

7.potensi-umkm-pengolah-pangan-lokal-diy

8.pertumbuhan-ekonomi-kreatif-sebagai-penggerak

9.peran-jejaring-agribisnis-dalam-membangun

10.peran-aspartan-asosiasi-pasar-tani

11.peningkatan-mutu-produk-olahan

12.peningkatan-keterampilan-beternak

13.peningkatan-kapasitas-produksi-desain

14.penguatan-ekonomi-kreatif-masyarakat

15.pengembangan-usaha-home-industry-batako

16.pengembangan-padi-sawah-organik

17.pengembangan-alat-pengering-produk-pangan-berlemak-untuk-peningkatan-efisiensi-produksi

18.pembuatan-aneka-kue-gluten-free-casein-free

19.pemberdayaan-kelompok-tani-susu

20.pelatihan-pemasaran-berbasis-online-pada-ukm

21.niat-adopsi-online-shopping

22.model-pengembangan-usaha-mikro-kecil-menengah

23.kacang-tanah-sebagai-alternatif-pengganti-bahan-baku-pada-usaha-mikro-kecil-menengah-tempe

24.industri-kecil-sebagai-basis-pengembangan

25.ibm-kelompok-usaha-tortila-desa-tulung-rejo

26.adaptasi-pelaku-usaha-kecil-purwaceng-dan-carica