International Conference on Small And Medium Enterprise Empowerment (ICSMEE)

International Conference on Small And Medium Enterprise Empowerment (ICSMEE)

Universitas Sebelas Maret sebagai salah satu perguruan tinggi yang fokus terhadap pengembangan UMKM, kembali menggelar event tahunan 7th UNS SME’s SUMMIT & AWARDS 2018. Event tahunan ini diselenggarakan untuk memberikan penghargaan kepada pemerhati UMKM baik lembaga maupun perorangan atas perannya memberdayakan UMKM. Sebagai rangkaian kegiatan 7th UNS SME’s SUMMIT & AWARDS diselenggarakan beberapa kegiatan diantaranya adalah International Conference on Small And Medium Enterprise Empowerment (ICSMEE) dengan tema “Enhancing Small Medium Enterprise Competitiveness Based on Creative Economy in Innovation Disruptions”. Tujuan utama seminar ini adalah untuk mendesiminasikan hasil kajian, pengetahuan maupun pengalaman pemberdayaan UMKM baik dalam aspek sosial ekonomi maupun teknologi dari pemangku kebijakan, peneliti dan pengabdi maupun praktisi untuk direkomendasikan  sebagai arahan dan strategi pemberdayaan UMKM. Selain itu, melalui seminar ini juga memberikan peluang untuk membangun kerjasama sinergitas para pemangku kepentingan (lembaga pemerintah, Perguruan Tinggi, dunia usaha, dan LSM) dalam pemberdayaan UMKM.

Seminar internasional diselenggarakan pada tanggal 11  Oktober 2018 di UNS Inn. Ketua ICSMEE adalah Dr. Agr. Muhammad Cahyadi, S.Pt., M.Bioteth. Seminar dibuka langsung oleh Rektor UNS (Bapak Prof. Dr. Ravik Karsidi, MS) dengan keynote speaker yaitu Deputi Fasilitasi Hak Kekayaan Intelektual dan Regulasi (Badan Ekonomi Kreatif) yaitu Bpk. Ari Juliano Gema. Adapun pemakalah utama dalam seminar ini antara lain :

  • Ishak Bin Yussof (Ketua ICD UKM Malaysia) dengan topik “The Connectivity between University and Industry in Disruption Era
  • Tai Wan Ping (Cheng Shiu University) dengan topik “Taiwan SME in Southeast Asia: Characteristics and Transformation
  • Prof. Warapon Boonsupthip, Department of Food Science and Technology, Kasetsart Univesity, Thailand dengan topik “Innovation for SME’s
  • Retno Tanding S, SE.,M.E,Ph.D (UNS-Indonesia) dengan topik “Marketing and Innovation of SME Product is Disruption Era

Selain keynote speaker dan pemakalah utama, dalam seminar ini juga akan dilakukan forum diseminasi (presentasi) hasil penelitian yang dilakukan oleh peserta seminar (pemakalah) dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia dan luar negeri. Terdapat 47 paper yang akan dipresentasikan. Sesi pararel terbagi menjadi 4 kelas yang akan dipandu oleh moderator disetiap kelasnya. Seminar ini diharapkan mampu menjadi media knowledge sharing yang efektif dalam rangka mewujudkan UMKM Indonesia yang berdaya saing.