Seminar Nasional “Peningkatan daya saing UMKM berbasis Ekonomi Kreatif dalam Era Masyarakat Ekonomi ASEAN”

Seminar Nasional dalam rangka 6th UNS SME’s SUMMIT & AWARDS tahun 2017

Tema : “Peningkatan daya saing UMKM berbasis Ekonomi Kreatif dalam

Era Masyarakat Ekonomi ASEAN


Kegiatan Seminar Nasional dilaksanakan pada tanggal 13 Juli 2017, di UNS Inn. Tema seminar nasional ini mengangkat tema “Peningkatan daya saing UMKM berbasis Ekonomi Kreatif dalam Era Masyarakat Ekonomi ASEAN dan terselenggara atas kerjasama Pusat Studi Pendampingan Koperasi dan UMKM (PSP-KUMKM) LPPM UNS Solo dengan Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia. Kegiatan Seminar Nasional ini merupakan rangkaian kegiatan UNS SME SUMMIT & AWARDS yang telah memasuki tahun ke-6. Adapun maksud dan tujuan dari Seminar Nasional UMKM ini adalah untuk mendiseminasikan hasil kajian, pengetahuan maupun pengalaman dalam pemberdayaan UMKM baik dari aspek sosial ekonomi maupun teknologi dari pemangku kebijakan, peneliti dan pengabdi maupun praktisi untuk direkomendasikan, sebagai arahan dan strategi pemberdayaan UMKM. Adapun pemateri pada Seminar Nasional UMKM ini adalah keynote speaker Dra. Sri Istiati selaku Asisten Deputi Pengembangan Investasi Usaha Kementerian Koperasi dan UKM RI Adapun untuk pemateri makalah utama dari unsur pelaku pemberdayaan UMKM Program CSR/PKBL yaitu  PT Pertamina RU II Balongan Indramayu dan PT Badak NGL.

Seminar Nasional ini diharapkan dapat menjadi media knowledge sharing yang efektif dalam memberikan alternatif solusi bagi berbagai permasalahan yang dihadapi UMKM dan menjadi referensi untuk inovasi pengembangan UMKM Indonesia saat ini dan dimasa mendatang. Seminar Nasional ini juga sebagai media penyebarluasan informasi pengalaman pendampingan Koperasi dan UMKM oleh Pemerintah Daerah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota, perusahaan atau lembaga, dalam pengembangan UMKM di Indonesia.

Peserta seminar nasional adalah dosen/akademisi, peneliti dan pengabdi, mahasiswa, pendamping Koperasi dan UMKM, serta mahasiswa. Adapun bagi peserta seminar nasional sebagai media diseminasi hasil penelitian atau pengabdian masyarakat, serta pengalaman dalam pendampingan Koperasi dan UMKM.