KEGIATAN PEMBEKALAN TEKNIS KOMPETENSI DAN KONSULTASI UKM TENANT INKUBATOR

Hasil Rapat Koordinasi Pembekalan Teknis UKM Tenant Potensial pada tanggal 11-12 Juni 2012 menghasilkan beberapa hal terkait dengan materi pelaksanaan bimbingan tehnis. Bimbingan tehnis pertama dilaksanakan selama beberapa hari mulai tanggal 9 Juli 2012 di Kusuma Sahid Prince Hotel. Peserta UKM Tenant seluruhnya menghadiri kegiatan bimtek tersebut sampai selesai. Tujuan bimtek yang pertama ini dititikberatkan pada peningkatan keterampilan berproduksi, pengelolaan dan pembukuan usaha. Diharapkan hasil bimtek I dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas produk dan pengelolaan usaha yang semakin baik lagi bagi UKM Tenant.

Kegiatan bimtek ini terselenggara atas kerjasama Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia, Dinas Koperasi dan UMKM Propinsi Jawa Tengah dan Unit Inkubator Bisnis Pusat Studi Pendampingan Koperasi dan UMKM LPPM UNS. Dalam bimtek I diberikan modul pelatihan yang dapat digunakan UKM Tennat dalam melakukan perbaikan proses produksi. Modul terdiri dari : Modul 1 Kewirausahaan, Modul 2 Business Motivation Training (BMT), Modul 3 Manajemen Produksi dan Kualitas Topik Produk Primer, Modul 4 Manajemen Produksi dan Kualitas Topik Produk Olahan, Modul 5 Manajemen Pemasaran, Modul 6 Menggali Kearifan Lokal Bagi Pengembangan Bisnis, Modul 7 Mengenalkan Inovasi Bagi Perbaikan Bisnis, Modul 8 Product Development, Modul 9 Praktik Manajemen Keuangan, Modul 10 Akuntansi Sederhana, Modul 11 Legalitas Usaha, Modul 12 Mengelola Usaha Kecil.

Rangkaian dari bimtek I ini dilaksanakan studi banding ke beberapa UKM yang usahanya bergerak di pertanian terpadu dan pengolahan hasil pertanian yang berada di Kabupaten Karanganyar dan Sukoharjo. Studi banding dilaksanakan pada tanggal 17 Juli 2012. Diharapkan hasil studi banding dapat menambah wawasan para UKM Tenant dalam mengembangkan usahanya terkait dengan perluasan pemasaran, managemen usaha dan pembiayaan.